Notification

×

Hosting Unlimited Indonesia

Tag Terpopuler

Sungai Tertutup Enceng Gondok, Warga Wiyung ini Pelopori Bersih-bersih

Senin, 18 September 2023 | September 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-18T08:17:33Z




SURABAYA//MIMBAR-DEMOKRASI.COM

Surabaya,  -   Kegiatan bersih-Sungai Ratusan warga Wiyung Surabaya melakukan kerja bakti untuk membersihkan sungai Kali Makmur yang berada di Jalan Menganti, Surabaya, Minggu (17/9/2023) kemarin.

Kegiatan ini dipelopori oleh salah satu warga Wiyung yakni Kusnan. Ia mengaku aksi membersihkan sungai Kali Makmur tersebut guna mengantisipasi banjir di musim hujan mendatang.

Sehingga, dirinya mengajak masyarakat dan meminta bantuan Pemerintah untuk ikut peduli lingkungan terhadap sungai tersebut.

"Jadi aku inisiatif, meminta Pak Camat untuk mengumpulkan Lurah dan Karang Taruna dari kecamatan dan kelurahan juga," kata Kusnan, Senin (18/9/2023).



Keinginan Kusnan mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan itu terwujud. Bahkan, kata dia, sekitar 700 warga beserta Pemerintah Kota berinisiatif membantu membersihkan sungai Kali Makmur itu.

"Yang ikut seluruh pegawai Kecamatan, dari koramil, polsek, satpol PP, BPBD Kota, DLH, warga dan RT-RW datang semua hampir 700 orang. Saya terimaksih sangat dengan DLH dan Bina marga membantu dengan truk-truknya," ungkapnya.

Lebih lanjut Kusnan menjelaskan bahwa
sungai Kali Makmur yang diselimuti eceng gondok itu membuat saluran-saluran air tertutup. Hal itu dapat menyebabkan banjir dan sering terjadi kawasan Wiyung.

"Kita habis ini memasuki musim hujan, nanti air dari atap akan mengali disini. Ketika Eceng Gondok subur di sungai ini kita akan kebanjiran," pungkasnya.

Ia menambahkan, ingin memanfaatkan sungai kali makmur yang subur itu bisa menumbuhkan cceng gondok agar dimanfaatkan masyarakat menjadi tempat edukasi. Serta kelola eceng gondok menjadi pupuk.

"Aku pingin ajak kali di Wiyung menjadi bersih dikelola Karang Taruna. Menjadi tempat edukasi atau lomba yang bersifat air dan perahu nelayan," pungkasnya. ( red )
×
Berita Terbaru Update