Notification

×

Hosting Unlimited Indonesia

Tag Terpopuler

HARHUBNAS Di Kota Gresik Di Ikuti 1000 Peserta Dengan Jalan Sehat,Acara Berjalan Dengan Sukses

Sabtu, 16 September 2023 | September 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-16T08:33:41Z





GRESIK//MIMBAR-DEMOKRASI.COM



Gresik, - Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) merupakan salah satu peringatan nasional yang penting di Indonesia. Peringatan Harhubnas jatuh setiap tanggal 17 September dan diperingati secara nasional di seluruh Indonesia.


Penyelenggaraan HARHUBNAS ini di pimpin langsung oleh kepala KSOP Gresik Bapak Hotman Siagian,sebagai panitia kapten Firmawan

Menurut Hotman, penyelenggaraan kegiatan HARHUBNAS ini , di adakan di pelabuhan umum gresik dengan membuat suatu program jalan sehat dan di meriahkan oleh orkes bersama artis papan atas Wiwik Sagita,yang di hadiri kurang lebih 1000 peserta dari berbagai elemen," ujar Hotman
Sabtu ( 16/9/2023 )pagi hari





"Di dalam kegiatan jalan sehat ini dan adapun hadiah yang diperebutkan dari 1000 peserta yaitu hadiah utama 3 sepeda listrik,3 kulkas,5 sepeda angin dan ratusan hadiah hiburan."Sambung Hotman

Peringatan Harhubnas ini diadakan setiap tahun sebagai upaya kesadaran masyarakat terhadap bidang perhubungan di Indonesia. Dengan mempunyai fungsi untuk mengenalkan terkait informasi tentang Harhubnas.

Harhubnas diperingati Indonesia setiap tanggal 17 September dan tahun ini merupakan peringatannya ke-53. Dilansir dari laman resmi Dishub Banten, peringatan Harhubnas ini didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK. 274/G/1971 yang dicetuskan pada tanggal 26 Agustus 1971.


Pengadaan peringatan Harhubnas ini didasarkan atas pertimbangan yang di mana saat itu unsur pelabuhan melakukan Hari Bakti setiap tanggal 5 September. Lalu unsur pos dan telekomunikasi merayakan Hari Bakti setiap tanggal 26 September. Kemudian unsur kereta api merayakan Hari Bakti setiap tanggal 27 September.

Oleh karena itu Menteri Perhubungan mengambil kebijaksanaan dan keputusan dalam rangka efisien waktu dan biaya, maka semua perayaan Hari Bakti lembaga perhubungan tersebut dijadikan satu. Menteri memilih bulan September sebagai bulan perayaannya dan memilih tanggal 17 dari hari keramat 17 Agustus, kemerdekaan Indonesia.

Sejak tahun 1973 tersebut Harhubnas diperingati oleh semua lembaga perhubungan Indonesia. Lalu berkembang menjadi diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia secara serentak setiap tahunnya. Kemudian pada tahun 1988, peringatan Harhubnas ini penyelenggaraannya menjadi di bawah naungan koordinasi panitia pusat.

Tujuan Hari Perhubungan Nasional
Sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan tersebut, Harhubnas memiliki 3 tujuan utama, yaitu:

1. Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa insan perhubungan dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya

2. Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik

3. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan Lima Citra Manusia Perhubungan

Peringatan Harhubnas bukan sekedar untuk mengenang hari kelahiran suatu lembaga di bidang Perhubungan Nasional, namun lebih menjadi sebuah momentum mengingat kembali peristiwa sejarah di bidang perhubungan untuk memberi motivasi seluruh bangsa Indonesia.

Harhubnas menjadi hal penting dalam mencapai tujuan yang diharapkan pada 4 sektor transportasi (darat, laut, udara, dan kereta api). Manfaat dari Harhubnas ini adalah untuk membentuk jiwa korsa seluruh anggota sektor perhubungan dan terciptanya apresiasi positif masyarakat terhadap lembaga perhubungan. ( Hasan )






×
Berita Terbaru Update